Minggu, 24 Februari 2013

Pengaruh iklan terhadap penjualan


Menurut Tams Djayakusuma (1992) mengatakan tentang pengertian Iklan sebagai berikut :
Iklan merupakan suatu  langkah promosi yang non personal dan dilakukan melalui berbagai media dengan sejumlah biaya yang dituj ukan kepada masyarakat dan konsumen khususnya.
Iklan bertujuan untuk mengenalkan kan serta mendapat penerimaan suatu produk kepada konsumen secara luas.
Fungsi iklan :
a.       Memberikan Informasi
Mendeskripsikan manfaat dan harga  produk yang ditawarkan.
b.      Mempengaruhi
Dalam upaya untuk menarik minat konsumen akan selalu berusaha mempengaruhi konsumen melalui iklan dengan kata-kata yang dapat mempengaruhi konsumen.
c.       Menciptakan Image
Dalam pemasangan suatu iklan , perusahaan selalu berusaha memberikan image baik produknya pada konsumen, sehingga menjadikan konsumen tertarik.

Namun terdapat beberapa produk yang tidak harus diiklankan seperti produk jalan  tol,  bbm,  listrik karena  jenis usahanya adalah pasar  monopoli.

Jenis-jenis iklan
Dengan adanya perkembangan iklan yang signifikan, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks mengakibatkan beragam  jenis iklan .
Menurut Tams Djayakusuma (1991), disini iklan jenisnya digolongkan menjadi :
a.     Price Advertising
Periklanan ini merupakan iklan dengan menonjolkan suatu harga yang menarik bagi para pembeli.
b.    Brand Advertising
Merupakan iklan dengan menonjolkan merk dari suatu produk terhadap yang melihat, membaca dan mendengar.
c.     Quality Advertising
Dalam periklanan ini diusahakan agar membeli kesan kepada pembeli diiklana produk yang ditawarkan adalah yang bermutu tinggi.
d.    Produk Advertising
Dalam periklanan ini diusahakan kita menarik konsumen dengan mengemukakan faedah pemakaian suatu barang atau jasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar