Menurut Tams Djayakusuma (1992) mengatakan tentang pengertian
Iklan sebagai berikut :
Iklan merupakan suatu langkah promosi yang non personal dan
dilakukan melalui berbagai media dengan sejumlah biaya yang dituj ukan kepada
masyarakat dan konsumen khususnya.
Iklan bertujuan untuk mengenalkan kan serta
mendapat penerimaan suatu produk kepada konsumen secara luas.
Fungsi iklan :
a. Memberikan
Informasi
Mendeskripsikan manfaat dan harga produk yang ditawarkan.
b. Mempengaruhi
Dalam upaya untuk menarik minat konsumen akan selalu
berusaha mempengaruhi konsumen melalui iklan dengan kata-kata yang dapat
mempengaruhi konsumen.
c. Menciptakan
Image
Dalam pemasangan suatu iklan , perusahaan selalu
berusaha memberikan image baik produknya pada konsumen, sehingga menjadikan
konsumen tertarik.
Namun terdapat beberapa produk yang tidak harus diiklankan
seperti produk jalan tol, bbm, listrik karena jenis usahanya adalah pasar monopoli.
Jenis-jenis iklan
Dengan
adanya perkembangan iklan yang signifikan, mulai dari yang
sederhana hingga yang kompleks mengakibatkan beragam jenis iklan .
Menurut Tams Djayakusuma (1991), disini iklan
jenisnya digolongkan menjadi :
a. Price Advertising
Periklanan ini merupakan iklan dengan menonjolkan suatu harga yang
menarik bagi para pembeli.
b. Brand Advertising
Merupakan iklan dengan menonjolkan merk dari suatu produk terhadap
yang melihat, membaca dan mendengar.
c. Quality Advertising
Dalam periklanan ini diusahakan agar membeli kesan kepada pembeli
diiklana produk yang ditawarkan adalah yang bermutu tinggi.
d. Produk Advertising
Dalam periklanan ini diusahakan kita menarik konsumen dengan
mengemukakan faedah pemakaian suatu barang atau jasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar